Kamis, 28 April 2011

Sampahmu di Mataku

Pas lagi browsing tumblr, tiba-tiba aku nemu foto ini :



Miris ya lihatnya? Banget.
Bayangin, anak kecil itu masih bisa ketawa bahagia padahal dia lagi berenang diantara sampah-sampah.
Mungkin dia nggak mikirin, gimana kalau nanti sakit? 
Mungkin dia juga nggak mikirin bau yang keluar dari sampah-sampah tersebut.


Kesalahan bukan ada di anak kecil itu. Lingkungannya juga nggak salah. Yang salah, jelas, orang-orang yang dengan santainya buang sampah ke sana. Padahal udah jelas-jelas ya, itu bukan tempat sampah. Terus kenapa, dong?


Tiba-tiba aku jadi inget kejadian tadi pagi, pas pulang les. Ada anak SMA yang tanpa berdosa buang gelas Teh Poci ke jalan raya. Segitu anak SMA lho, yang harusnya udah punya kesadaran soal lingkungan. Di sekolahnya juga pasti dapet kan, pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup?
Kejadian yang hampir sama juga aku lihat di jalan SBJ pas mau berangkat sekolah, entah berapa bulan yang lalu. Tapi yang ini lebih parah. Jadi ceritanya, ada ibu-ibu yang buang sampah rumah tangganya ke got. Yang bikin emosi, sampahnya tuh ada banyaaak banget. Ada kali ya, semua isi satu tempat sampah gede dibuang ke sana. Akhirnya aku jadi maklum kalau got di daerah sana gampang meluap pas lagi hujan. Isinya aja sampah semua.


Di mana ya, kesadaran mereka? Masa udah hilang tertelan sampah yang mereka buang? Memang sampah-sampah menggunung yang ada di sekitar mereka belum cukup banyak ya?


Masih inget kan, apa yang dibilang Adam Levine pas ada di Indonesia? 


Jangan tersinggung kalau dia bilang begitu. Toh faktanya memang di Indonesia banyak nyamuk. Dan salah satu penyebab dari timbulnya nyamuk-nyamuk itu adalah...........sampah.
Profesor kakak ipar saya di Tohoku University juga pernah bilang kalau nggak mau ke Indonesia karena takut. Bukan takut bom atau ancaman-ancaman lain. Tapi lebih karena takut nyamuk. Lucu, ya? :D

Oke, kembali lagi ke 'sampah' sebelum inti postingan ini jadi berubah.
Intinya, buang dong, sampah kamu ke tempat yang semestinya. Malu kan, kalau musti dapet komentar-komentar negatif dari orang luar soal kebersihan negeri kita?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar